Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Survei Kebutuhan Pemustaka

PALEMBANG – Survei adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pertanyaan terstruktur yang sama pada setiap orang, kemudian semua jawaban yang diperoleh peneliti dicatat, diolah, dan dianalisis. Sebagai salah satu perguruan tinggi, Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang memiliki perpustakaan sebagai penyedia layanan informasi kepada civitas akademika. Keberadaan perpustakaan sebagai tempat pencariaan informasi dan juga sebagai tempat sumber penelitian harus mampu menyediakan sejumlah kebutuhan pemustaka termasuk menyediakan informasi terbaru dan sesuai dengan kebutuhan pemustaka.

Tujuan dari pelaksanaan kegitan survei kebutuhan pemustaka, yakni sebagai berikut.

  1. Untuk mengetahui kebutuhan umum pemustaka.
  2. Untuk mengetahui koleksi yang diinginkan dan diminati pemustaka.
  3. Untuk mengetahui tingkat kunjungan pemustaka ke perpustakaan.

Kegiatan survei kebutuhan koleksi sebagaimana dijelaskan di atas, yakni untuk mengetahui kebutuhan umum pemustaka, untuk mengetahui koleksi yang diinginkan dan diminati pemustaka, untuk mengetahui tingkat kunjungan pemustaka ke perpustakaan. Survei kebutuhan koleksi merupakan salah satu program dari Perpustakaan Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang untuk melakukan analisis dan perbaikan perpustakaan dalam pengembangan koleksi.

Kegiatan survei ini, dilakukan selama 2 hari, dengan 8 pertanyaan dan  menyebarkan kuisioner kepada pemustaka (Taruna, Dosen dan Pegawai). Dan dari hasil analisi survei yang telah dilakukan bahwa pada pertanyaan pertama, mengenai rentan waktu kunjungan pemustaka rata-rata tertingi kunjungan yakni 2 kali dalam satu minggu jumlah jam kunjungan pemustaka, disusul dengan 1 kali dalam seminggu, 3 kali dalam satu minggu dan terakhir 4 kali dalam satu minggu. Jumlah jam kunjungan, menjelaskan mengenai waktu kunjung setiap pemustaka, mengetahui mengenai seberapa banyak pemustaka yang melakukan kunjungan ke perpustakaan setiap harinya.

Pertanyaan kedua, mengenai jenis koleksi yang dibutuhkan pemustaka, dengan hasil bahwa 15 pemustaka memberikan jawaban bahwa jenis koleksi yang diminati pemustaka berupa skripsi atau tugas akhir (KKW), majalah atau surat kabar kemudian jurnal, dan terakhir buku teks dan juga e-journal, pertanyaan kedua ini bertujuan untuk mengetahui mengenai jenis koleksi yang di butuhkan, agar dalam pengadaan koleksi tidak terjadi ketidak relevansian pengadaan koleksi dengan kebutuhan pemustaka.

Pertanyaan selanjutnya, mengenai kelas buku bacaan, mengetahui mengenai bidang buku bacaan yang diminati oleh pemustaka, dimana pada pertanyaan ketiga ini, kategori pendidikan memiliki jumlah minat tertingi yakni 18, disusul dengan bidang koleksi, sosial ekonomi, fiksi, agama dan kesehatan. Dari pertanyaan ketiga ini bertujuan untuk mengetahui mengenai koleksi buku bacan secara garis besar.

Tujuan kunjungan, dalam pertanyaan ini tujuan kunjungan menjadi salah satu pertanyaan yang ditanyakan kepada pemustaka, untuk mengetahui dan mengimplementasikan fungsi perpustakaan secara umum, dimana mencari referensi merupakan salah satu tujuan para pemustaka datang ke perpustakaan, lalu tugas kuliah dan terakhir tujuan dari kunjungan pemustaka, yakni refreshing.

Dan pada pertanyaan terakhir tentang usulan koleksi daftar 5 teratas yang di dapatkan yakni Buku Referensi Nautika, Dasar-dasar hukum Ekonomi, Al-Qur’an, Alkitab dan Statistika.

Leave a Reply